ARIZTOTELES MUSIC


Band email marketing also visit us @ http://www.reverbnation.com/ariztoteles. TO VISITORS, please support our band in http://www.reverbnation.com/ariztoteles. Mark likes, become fans, and Play the music on the site. for this blog keep going,build friendship,and community

BLACK METAL & SATANISM

Rabu, 27 Februari 2008

Saya tidak akan menanggapi komentarnya mengenai punk dan hardcore, karena saya memang tidak peduli. Yang menarik adalah komentarnya mengenai Black Metal. Ia mengatakan bahwa band-band Black Metal Indonesia itu seperti Srimulat, seperti pelawak. Saya tidak ingat penjelasannya mengenai hubungan band Black Metal lokal ini dengan srimulat. Yang jelas alasan ketidaksukaannya terhadap band Black Metal lokal karena band lokal kita, tidak seperti band luar, beraninya menghina agama orang lain bukannya agama sendiri.

Dari tulisan tersebut saya mengambil kesimpulan bahwa band Black Metal lokal kita, jika ingin hebat dan diakui seperti band Black Metal luar harus berani menghujat dan mencerca agamanya sendiri, dalam hal ini Islam yang merupakan agama dengan penganut terbesar di Indonesia….Kedengaran bodoh ya?

Ini yang membuat saya terusik, apakah memang menghujat agama sendiri itu merupakan suatu keharusan dalam Black Metal? Trus alasannya apa? Dengan pertanyaan ini didalam kepala, saya mencoba mencari jawaban dengan browsing di internet tentu saja, dan dengan berkunjung ke beberapa situs dan membaca beberapa artikel dan interview, akhirnya saya punya kesimpulan seperti ini:

Satanisme dalam Black Metal menurut saya terbagi dua, sekedar gimmick (image yang dibentuk hanya untuk keperluan publisitas) dan way of life. Contoh Black Metal yang sekedar gimmick adalah Venom, Bathory dan tentu saja Cradle of Filth dan juga hampir semua band Black Metal diluar wilayah Norwegia. Mengenai band-band Norwegia ini, orang-orang Inggris dulu sering menertawakan mereka karena mereka (Band Norwegia) justru lebih serius dalam menanggapi Venom. Menanggapi ledekan dari orang-orang Inggris ini, para pengikut Black Metal di Norwegia mengancam akan menyerang band-band Inggris yang melakukan tur di Norwegia, seperti yang akhirnya dialami oleh Paradise Lost.

Satanisme sebagai way of life dalam Black Metal dipelopori oleh band-band Norwegia seperti Mayhem, Burzum dan Darkthrone di akhir 80-an dan awal 90-an. Dengan Oystein Aarseth (alias Euronymous, gitaris Mayhem) sebagai orang nomor satu dan Varg Vikernes (alias Count Grishnackh, Burzum) sebagai tangan kanannya, Inner Circle dengan kedua belas anggotanya termasuk Ihsahn, Samoth dan Faust (Emperor) dan Fenriz (Darkthrone) memimpin komunitas Black Metal Norwegia. Inner circle inilah yang menentukan arah pergerakan Black Metal di Norwegia, mereka lah yang menyusun rencana yang nantinya akan dilaksanakan oleh mereka yang berada di Outer Circle. Dan terbakarlah sekitar 14 gereja sejak 1992 dan beberapa penyerangan terhadap band-band metal yang tidak sepaham dengan mereka.

Tokoh paling populer dalam pergerakan Black Metal Norwegia ini tentu saja adalah Kristian Vikernes yang kemudian berganti nama (kalian tentu tahu alasannya) menjadi Varg Vikernes yang kemudian lebih dikenal sebagai Count Grishnackh, motor dari Burzum. Varg tercatat telah membakar setidaknya 4 gereja dan untuk itu telah beberapa kali ditahan oleh polisi dan wajahnya menghiasi halaman beberapa media setempat. Namun berkat pengaruhnya dalam komunitas Black Metal tak seorang pun yang berani buka mulut dan akhirnya dia kembali bebas karena polisi tak memiliki bukti apa-apa. Varg kemudian ditangkap karena terbukti membunuh Oystein Aarseth alias Euronymous pada pagi hari 10 Agustus 1993 dengan 23 tikaman dipunggung dan lehernya. Varg akhirnya dihukum 21 tahun penjara atas tuduhan pencurian dan pemilikan 125 kg Dinamit dan 26 kg Glynite, pembakaran 4 gereja, perampokan, dan pembunuhan tingkat satu.

Hal yang paling menarik perhatian saya adalah filosofi dari pergerakan Black Metal Norwegia ini, alasan kebencian mereka terhadap Kristen sama sekali tidak seperti yang saya bayangkan selama ini. Satanis dalam konteks mereka berbeda dengan Anton LaVey dan Crowley. Mereka melawan Kristen dengan tujuan untuk mengusir mereka dari Norwegia dan mengembalikan kembali budaya Pagan kuno dan kebangkitan budaya-budaya Viking kuno seperti misalnya pertumpahan darah dan membunuh untuk pembalasan dendam. Mereka sangat membenci Kristen yang begitu mengagung-agungkan kelemahan dan atas simpati mereka kepada mereka yang lemah dan membutuhkan pertolongan. Oleh karena itulah Inner Circle menggagaskan ide untuk membakar simbol kebanggaan Kristen di Norwegia, gereja-gereja kuno indah yang terbuat dari kayu. Mereka berharap orang-orang Norwegia segera tersadar bahwa mereka tetap merupakan anak-anak Odin (dewa bangsa Viking).

Dan berikut ini beberapa tanggapan Count Grishnackh seputar beberapa issu penting. Alasan saya memilih dia sebagai referensi karena dia merupakan orang nomor 2 dalam elite Black Metal Norwegia, dan juga Euronymous sendiri jarang memberikan komentar, apalagi dia memang sudah nggak bisa ngomong lagi.
Intinya adalah saya tidak suka dengan tuduhan tolol dan tidak berdasar seperti itu jadi bagi kalian yang tidak mengerti dan tidak faham janganlah sekali-kali anda berargumen bahwa black metal adalah satanisme,satanisme adalah black metal!!!

Bandungmagazine

60 komentar:

Anonim mengatakan...

Sepakat, tidak semua black metal itu satanic, terlebih yang saya lihat di Indonesia kebanyakan ikut-ikutan, tidak banyak yang satanic. Sebagai contoh, yang ikut-ikutan biasanya ketika 'manggung' menggunakan gincu yang berwarna merah agar terlihat seperti darah.Namun, ada juga yang satanic tetapi 'disesuaikan dengan konteks keindonesiaan'. Contoh bandnya adalah Santet dan Panembahan dari Purwokerto, mereka 'mengisi' musiknya dengan tradisi mistik Jawa.

Anonim mengatakan...

sampai jumpa lagi, saya tunggu balasan dan sharing selanjutnya.....

Anonim mengatakan...

q gak setuju ama blog ini.... coz black metal emang menyimbolkan penghinaan agama tapi dalam praktiknya tidak tuch.......

goresan mengatakan...

yang gua liat and denger. lirik mereka kebanyakan kalau di dalami isinya lagi memang bisa bikin MURTAD.

Anonim mengatakan...

w ga setuju kalo ada pndapat klo blackmetal di indonesia hrs sepaham dengan norway.. music boleh satu unsur tp kepribadian ketimuran harus dijadikan acuan dan karakteristik blakmetal indonesia. music slalu berkembang.. namun suatu paham harus tetap pd jalur yg benar.. mengenai islam banyak kok anak2 blackmetal indonesia msh shalat 5 wktu.. pas lg konser banyak yg shalat klo waktu magrib dateng. lirik boleh gelap n dalem.. tp ga da salahnya ada pesan2 mndidik telampir. seperti dulu ada band ghotic "dreamer" yg salah satu personel adalah putra kh. zaenudin mz. so' blacmetal norwegia ya blackmetal norwey.. blackmetal indonesia ya dengan karakteristik indonesia.. TITIK (ivoer sangkakala)

Anonim mengatakan...

trus budaya aliran musik black metal klo bukan dari norway trus dari mana?.....

broww kita ngebahas permasalahan musik di lihat dari segi faham islam (tetap pada jalur)....

Anonim mengatakan...

hidup BLACK METAL fuck kuburan band

Anonim mengatakan...

menurut aq gak ada salahnya suka ma black metal, malah bagus karena lirik dan musiknya mengingatkan kita kepada kematian.

Anonim mengatakan...

klo mau ingat akan kematian sering2 ke pemakaman....

trus klo hubungannya BLACK METAL ma FREEMASON ada gak.....

Anonim mengatakan...

musik metal adalah aliran musik yang memberontak terhadap doktrin gereja, dengan kata lain tanpa kristen maka metal tidak akan pernah ada, (sam dunn 2005)
dengan adanya pemberontakan terhadap doktrin kristen, secara tidak langsung membuka peluang terhadap orang-orang skandinivia untuk mengekspresikan kemarahan mereka, karena penyebaran agama kristen disana melalui kekerasan,
dan itu di awali dengan venom, yang kemudian menjadi genre black metal, dimana konsep dari setiap lirik yang dibuat kalo menurut pandangan saya melalui pertanyaan-pertanyan filosofi,dan dari sinilah mereka mengambil imej satanisme karena lucifer atau iblis, karena menurut cerita agama kristen maupun islam, iblis di turunkan dari surga karena bertanya kepada tuhan.karena itu satanisme black metal jauh dari pandangan anto la savador sang opurtunis yang mengarang satanik bible (norwegia black metal .... )
kehadiran black metal sebenarnya kalo dilihat lebih dalam, secara sadar atau tidak sadar bahwa mereka tidak puas dengan konsep agama, dimana mereka memandang agama adalah sebuah kebodohan dari sebuah pemikiran manusia.
kalo dalam pandangan saya, mereka melawan karena mereka secara sadar merasakan ada sesuatu yang tidak benar terjadi di dunia ini, dan mereka melakukan penghinaan terhadap agama, karena mereka butuh jawaban dari setiap pertanyaan-pertanyan mereka, dan disini secara tidak langsung bukti kegagalan intelektual islam membongkar Qu'an dan menghadirkannya ke pada manusia,
kalo kita melihat dari sejarah islam khususnya kaum intelektual islam, mereka selalu menemukan kunci-kunci yang membuka ilmu pengetahuan, salah satu yang saya tahu, penemu anggka 0 itu intelektual islam, dan bisa anda bayangkan tanpa angka 0 mungkin, tidak akan ada pesawat terbang yang membutuhkan persesi sampai o.oooo1 , dan sekarang perkembangan ilmu pengetahuan yang bedasarkan agama sudah mulai hilang, bahkan penelitian terhadap-hal yang rasional berdasarkan kitab suci saja sudah tidak ada.
ngomong-ngomong saya lagi nyusun soal skripsi, soal simbol black metal ada yang tau dedengkotnya music black metal siapa ? mohon bantuanya ....

Anonim mengatakan...

statu gw sih aliran black metal berawal dari gabungan antara speed ma thrash...aliran ini bila digabungkan bisa menjadi power metal dan black metal.

BM sendiri dibawa sama venom (uk), dan diperkuat oleh salah satunya bathory (swe) dan mayhem (nor)

dari perkembangan jaman, BM itu mengembangkan sayapnya yg turunannya menjadi symphonic black metal yg dibawa oleh salah satunya burzum(nor), cradle of filth (uk), emperor (nor), satyricon(nor), dirmu borgir (nor), mystic circle (ger)....

Anonim mengatakan...

saya sendiri black metal,saya akui saya adalah penganut satanisme,
dan saya akui adanya dosa,
jadi kalian seharusnya para manusia ber agama lebih sadar,walau kalian melakukan ibadah setiap hari,tapi kalian menghujat tuhan hanya untuk publisitas kalian berarti telah menganut satanisme.
coba kalian beli buku yang berjudul misi musik menghujat atau menyembah(untuk kristen)..
(kalian muslim) cari di google sejarah satanisme,dan satanisme menurut pandangan al quran..

Anonim mengatakan...

Kalo menurut saya pribadi Black Metal itu kan aliran musik , jadi ndak harus satanic kok...

Banyak kok band - band "Christian Black Metal" (musik Black Metal tapi lirik berbau kristiani) ato band yang musiknya Black Metal tapi liriknya tidak ada bau2 satanic sama sekali... (seperti KEKAL - band indonesia juga ini... Musiknya campuran Avant Garde ama Black Metal tapi liriknya lebih kearah Kritik Sosial ama filsafat)

na van hyddenk mengatakan...

yg psti mnurut w di dlm tiap isi lirik2 black metal baik ntu gothiuc dooms trash grind dll trdpat sbuah psan bhwa ssngguh'y musik nie mnyadarkn qta agar qta jgn brbuat dosa&nista jg trdpat psan moral kmnusiaan \m/ \m/

Anonim mengatakan...

napa kudu dipermasalahkan??? akidah adalah prinsip hidup... sedangkan aliran apapun adalah gaya hidup...

Anonim mengatakan...

SAYA CUMA MAU BILANG...
JANGAN ANDA NGAKU BLACK METAL BAIK ITU MUSIC ATAU WAY OF LIFE NYA SELAMA ANDA MASIH TAKUT DAN PERCAYA AMA YANG NAMANYA "TUHAN"...
BLACK METAL TIDAK PERCAYA ADANYA TUHAN BAHKAN SETAN SENDIRI, TETAPI MEREKA MENYIMBOLKAN MENYEMBAH ATAU MELAKUKAN RITUAL KEGELAPAN DG BAPHOMED ATAU PENTAGRAM SEBAGAI SIMBOLNYA KARENA UNTUK MENENTANG ORANG2 YG PERCAYA DG TUHAN.

SHIT OF RELIGION
SHIT OF GOD
AND SHIT U BLACK METAL INDONESIA PALSU...

trenggalek kota anti tuhan

Anonim mengatakan...

Sebelum kalian semua berbicara sebuah band yg mempunyai lirik keagamaan dan menganggap band itu beraliran Blak Metal. Kalian tau gak bedanya black metal, metalcore, death metal, trush metal dilihat dari jenis musiknya?

Jangan asal ngeklaim suatu band dg kata "Black Metal"...

Anonim mengatakan...

black metal itu aliran musik.
dan musik itu seni.
emang iya, black metal itu harus setan2an & anti agama?
ngga harus.
dinamain black metal karena nuansa'a gelap khn?
nah ya udh. lirik setan2an khn g hrus.
black metal bukan agama. jadi apa salah'a klo bermain black metal py msh prcaya agama. msh takut dengan TUHAN.
dan apa salah'a klo ada lirk2 black metal yg bukan tentang setan2an atau anti agama?

Anonim mengatakan...

FUCK KUBURAN BAND.....keterangan td jelas.....hnya membawa gaya tidak memahami......maju terus black metal

jaka mengatakan...

menurut saya aliran lagu black metal itu menjerumuskan kita perlahan lahan ke dalam menghina agama...
soalnya kalau kita ingin di pandang oleh banyak orang kita harus menampilkan hal hal yang berbeda dengan orang lain seperti black metal...
lagu black metal tidak seharusnya menghina agama.....
tapi cuma gara gara ingin di lihat oleh banyak orang jadi dia berani menginjak al-qur'an....membakar gereja.....membalikan salib......mengatakan hidup adalah kutukan.....perang demi setan......tuhan telah mati...danlain lain....
menurut saya kalian jangan suka mendengarkan lagu black metal perlahan lahan lagu black metal itu akan mengahsut anda ke jalan yang tidak baik......
saya baca dari "mengungkap BLACK METAL" ".........

WASSALAM

ALLAH HU AKBAR !!!

HIDUP SYAHID ATAU MATI DI KUBUR

asu mengatakan...

menghina agama sendiri? sangat bodoh artikel ini...
apa mereka (varg vikernes, etc) beragama kristen?
tentu bukan.... dasar bodoh..
shut your fukking mouth like ass...

buat ASU yg paling TOLOL... mengatakan...

tolol....baca dulu baru komentar....
uda jelas2 ini hanya sedikit sejarah dari aliran musik BLACK METAL... bukan menghujat musicnya tapi orangnya...dasar bego lo..!!!

disimak dulu baru menyimpulkan...!!!

tanpa sejarah anda tidak akan pernah tau...!!!

jika islam tidak ada sejarah mungkin anda tidak akan memeluk agama tersebut...

justru sebaliknya, sejarah BLACK METAL ini agar supaya generasi berikutnya bisa mengerti dampak buruk dari aliran music ini...
lagian knp music black metal...anda tidak sadar percuma juga ROMA IRAMA punya julukan bermusic sambil berdakwah, tp penontonta joget sambil nyekek botol...DASAR TOTOL LOO..!!!

Rezel Rebel mengatakan...

gw taw Anonim tuch siapa,
dia sering masuk ke link/forum lintas agama.
dia jg sering ngomentarin situs" islam, dan ngajakin kaum muslimin indonesia bwt debat ma dia.
kalian smua g' perlu nanggapin coment dr dia.
asl kalian tau aja ya, Anonim tuch umat nasrani bkn penganut Black Metal Satanica xg sebenarnya.
dia maw ngedoktrinin kalian semua, biar g' peduli ma agama kalian semua.
jadi kalian semua xg masuk ke blog ini adlah, kesmpatan besar bwt Anonim bwt mengadu domba n' memurtadkan kalian semua dr agama kalian saat ini,
"ISLAM"

Anonim mengatakan...

Black metal adalah simbol datangnya kiamat!!!!!
go hell......

Roni Tua Harahap mengatakan...

tes..tes...

Roni Tua Harahap mengatakan...

@Anonim : wekz.... itu kan tulisan wa di kaskus kok ....???


@Rezel Rebel : ui mas, anonim siapa ??

Anonim mengatakan...

dimanapun kami berada kami tetap bersatu dalam scene underground.......... i love black metal

Anonim mengatakan...

say fuck for this blog . . . .

black metal itu gag bisa di dengerin lyric nya. . . shit maaaaaaaaa

Anonim mengatakan...

lo tolol.... berarti lo bukan pemusik.... kasian... yg nulis "say fuck for this blog . . . ."

baca dulu baru komentar... GAK JELAS LO...!!!!

Hitampekat mengatakan...

Satu musik untuk mengontrol semuanya...
Satu musik untuk menyatukan semuanya...
dan dalam kegelapan Black Metal menguatkan jiwa-jiwa mereka...
Black Metal bukanlah musik tapi aliran kepercayaan

marwan mengatakan...

Setuju banget bos... Saya beberapa tahun yang lalu nonton Metal A Headbanger's Journey yang menceritakan mengenai musik metal. Dalam topik 'Religion & Satanism' diceritakan bahwa banyak orang yang menganggap musik metal adalah musik yang mengandung unsur 'setan' dan 'kekerasan'. Namun sesungguhnya musik metal harus bisa dimengerti selain penggunaan lirik dan ritual panggung. Mereka menggunakan lirik sadis dan satanis hanya untuk iseng2. Contohnya Slayer: Mereka semua berlirik satanis, namun mereka semua merupakan penganut Katolik yang kuat. jadi lirik tidak mengartikan bahwa para musisi itu satanis.

Anonim mengatakan...

INI..!! KALAU SUDAH MASUK PENGARUH DARI BARAT,,,, BUKAN KALAU LAGI "UDAH MASUK" BANYAK YG JADI SETAN... ISTIGHFAR COY..... KALAU LOE LOE MASIH BERAGAMA... KALAU KAGA.. TERSERAH LOE DAH... F*CK BLACK METAL.

Anonim mengatakan...

wodooohhhh... ini blog sebenernya buat cari info aja buatkan debat2 gk karuan.... pls guys... jangan saling menghujat lah... coba teman2 dibaca dulu sampai habis....baru komentar... krn pada intinya ini adalah sepenggal cerita tentang perjalanan BLACK METAL...

Alam kematian mengatakan...

Setuju. . . .
Black metal g' harus mnghujat. .
Love black metal. .
FUCK and SHIT bwt smua org TOLOL yg coba2 mrusak gnerasi kami. .

Anonim mengatakan...

Black Metal itu kalo di luar negri Anti AGAMA sma Anti TUHAN, mrka gk prcaya adanya TUHAN..
Gw aj prnah dnger salah satu lagu Black Metal yg isiny tuh ADZAN di SCREAMING & GROWLing..
Parah gak tuh !!
Smpe ad yang lirikny nymbah SETAN..
Dia aj klo perform harus ad pnggalan kepala kambng hitam di dket mickny..
Trus dia gntungin salib terbalik di leherny..
Tus ad lgi dia sblum perform melakukan SEX dia atas AL _ QUR'AN sbgai tnda bukti klo dia gk prcaya adany TUHAN...
Parah gk tuh!!!

Udh lah Indonesia jgn ikut-ikutan doang klo gk brani agama sndiri..
Gaya mulu si lu so bgt tau MUSIK METAL...

Lo oleh dnger musik metal yg pnting jgn BALCK METAL !!

FUCK BLACK METAL !!

rara mengatakan...

heii mas semua orang boleh nentuin apa yg mau didengerin
gue islam gue suka black metal tapi gue tetep inget tuhan gue
dan black metal itu gak harus atheis , satanis
buat gue orang yang menganggap black metal itu menyesatkan adalah orang tolol!!

Anonim mengatakan...

menurut w,BM d eropa tu lirikny satanis n menghujat agama cuz agama yg d hujat tu ga smpurna,bnyak tnda tanya..krna ad knspirasi d dalam agama tu..sdangkan Islam 100% sempurna,mw protes ap?kalo protes b'arti goblok..t'masuk si anonim yg 1 it.goblok jg..
gw jg suka metal dgn sub genre nya..\m/

Anonim mengatakan...

Hahahahahaha
Sumpah ketawa gw baca statement dri sgelintir manusia2 bodoh diatas
ingat bung! BLACK METAL itu musik bukan kepercayaan
gw pernah baca disebuah artikel,
'Adalah manusia bodoh yg menerima perubahan tanpa menyaringnya dahulu.
Tapi lebih bodoh lagi bagi manusia2 yg tidak dapat menerima suatu perubahan'
kita memang dari adat ketimuran,tapi bukan berarti kita dilarang untuk menyukai blackmetal.
Sungguh sebuah kekonyolan bagi anda2 yg memvonis bahwa BLACK METAL merupakan musik yg beraliran SESAT !

amrullah pai 2 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
alvine mengatakan...

hahahaha,,,,, ternyata forum ini makin menarik,, aja,, blackmetal itu,, hanya musicnya doang sekedar genre yang bernuansa,,
nah,, kalo soal hujat menghujat agama.. itu sih mang dr orangnya aja yg sempit akhlaknya..

denger dong,, black metal yg agamis,,, jngn yg satanic,, gitu aja kok repot,,, hahhhahahah

gw dnger lagu black metal,, atau metal lainnya cm buat pacu adrenalin doang,, dr beat beat yg cadas beirama,,,

kalo luh luh,, orang gw ga tau dah,, denger lagu metal atau black metal untuk apa..

jangan agama yg disalahin,, itu mah masing masing,,
mau yg atheis,, islam , nasrani hindu atau budha,, denger sih boleh aja, asal jngn trpancing denger liriknya,, hahahahahah
http://ghedjouts.wap.sh

Anonim mengatakan...

ingkat aja sih klo jawaban saya mas !!
Diindonesia tidak diajarkan Budaya Old Pagan (Pagan Tua) / budaya Viking Kuno dan kita juga bukan Keturunan dari ODIN dewa para orang norwegia Viking , Trims

Anonim mengatakan...

pd aneh lw semua... berdebat mslh Black Metal... BM tuh da ada dr dulu (80an)..terserah siapa aj yg mw suka ma BM atupun yg tdk. jd biarin aja BM ada n trsrh mereka mw definisikanny seperti apa.. klo yg ga suka, saran gw bkn aja aliran baru "WHITE METAL." klo da booming nanti kta debatin lg kya di blog ini...

Anonim mengatakan...

Hahahahaha....dasar anak2 tolol pd ngributin masalah yg ga jelas,coba tanyain yg ngaku2 anak BM satanic,elo pasti punya KTP kan dan disana pasti tercantum agamanya apa?pd dasarnya di negri ini yg berani mati hanya laskar jihad dan TNI aja,yg lainya boro2 mati terkilir aja manggil2 nama ibunya sambil nangis...sorry bro gue bisa ngomong begini karena gue lama gabung dg anak2 UG...dan 99,99% mereka takut dipukul aparat

Anonim mengatakan...

ngapain ributin blackmetal kita sbagai org indo tau apa tntang blackmetal krn qt mahluk indo. gg prnh ngalamin sejarah n ga berbudaya BM?
jadi lbh baik kita semua jd pendengar dan sekedar memainkan musik'y saja sekedar tuk mendapat popularitas dan jgn jd korban dr sejarah barat BM yg ga tahu asal'y dr mana.
penonton setia 666 \m/

Anonim mengatakan...

Nyimak...

Anonim mengatakan...

siapa yang bilang kalo black metal itu kudu satanic/atheist, gw dari dulu emang suka black metal & sering memakai atribut2 black metal kaya baju antichrist, pentagram, baphomet dll. Tapi orang tua gw gk pernah komplain dengan apa yang gw pake itu, gw memang pecinta black metal tapi gw masih punya agama..

gara mengatakan...

MAAF GW LAGI BUTUH BAHAN NIH BUAT SKRIPSI..NGEBAHAS SOAL "METAL KAMBING" SEJARAHNYA DI LUAR NEGERI HINGGA SAMPAI KE INDONESIA..ADA YANG BISA BANTU? TERIMA KASIH...

gara mengatakan...

permisi...
gw lagi proses skipsi nih, ngambil pembahasan mengenai "Metal Kambing" ada yang punya data mengenai "Metal Kambing" sjarahnya dari eropa hingga sampai ke indonesia..terima kasih..mohon bantuannya..:)

Anonim mengatakan...

inilah band death metal yang islamic dan anti zionis http://www.facebook.com/pages/saffar/133194436695139

Anonim mengatakan...

Kalian harusnya nonton film When The Light Takes Us baru komen tentang musik black metal. Norway black metal tidak menganut faham satanis tetapi pagan sesuai dengan kebudayaan leluhur mereka, fakta bahwa mereka membakar gereja adalah bertujuan untuk mengusir orang-orang kristen dan kembali kepada kebudayaan kuno mereka sebagai keturunan bangsa viking yaitu pagan. jadi yang menyebut black metal adalah satanis saya sarankan untuk membaca literatur tentang black metal lebih dahulu baru koment....

Anonim mengatakan...

kalian sadar gak?
bahwa kalian itu berhak menentukan pilihan hidup kalian sendiri.
islam sendiri gak mengajarkan kalian memaksakan kehendak orang, islam hanya diberi wewenang untuk mengingatkan. orang milih masuk neraka mau apa itu urusan dia gak usah dimusuhi gak usah di benci. klo bisa diingatkan ya diingatkan klo gak bisa ya udah. setiap agama itu punya keyakinan sendiri bener atau tidak keyakinanya gak ada yang tau jadi gak usah sok tau, klo mau tau ya mati aja sono biar jelas gmn ahirat itu sebenarnya. agama kalian emangnya ngajarin kalian untuk ngomongin orang? klo ada tunjukan ma aku?
disini aku cuma mau ingatkan kalian gak usahlah ngomongin orang, belum tentu kalian itu yang paling bener di mata yang maha esa.

Anonim mengatakan...

kayanya banyak banget yang kaga ngebaca sampe selesai nih.....!!!
buat yg ngebikin blog thx.
sebagai pemusik kita ini hidup di negara yang bebas,dan bebas juga untuk memilih aliran musik selagi ga ngelanggar ketentuan atau norma" dari negara kita,untuk syair lebih cenderung ke makna kiasan aja,sebagaimana kita memandang dan menelaah arti dari syaire tersebut.BLACK METAL ga harus satanik,gue yakin SATANIK Indonesia cuma satanik ikut"an doang.....!!!!blom pyur satanik,makanya sebelom telat,ayok ga papa kog bermusik BLACK METAL,tp tetep punya landasan hidup,yaitu AGAMA.

hidup terus BLACK METAL.
maju terus BLACK METAL MADIUN
BARZAH 666,symbol DSB gue pandang sebagai hiasan aja.
THX

Anonim mengatakan...

kalo masalah agama tu urusan mu sama tuhan.. tidak smua black metal itu negatif, seperti yg ente pikir. kayaknya yg bikin blog ini orang yg baru lulus sd ya?? kalo mau menilai black metal itu, d kaji dulu, d pahami lirik2nya.. ente itu ru belajar buat blog apa gimana?

Anonim mengatakan...

orang2 bodoh..... membahas hal yang ga dimengerti dg bodoh.... musik untuk dinikmati. musik bukan sebuah paham/agama

Anonim mengatakan...

kalau menurut saya musik ini merupakan sebuah pemberontakan dimana adanya aspirasi masyarakat yang di tuangkan dalam sebuah lagu dimana banyaknya pemuda yang ingin menunjukkan bahwa setiap manusia berhak untuk memberikan aspirasi atau keinginan dalam hidup
thanks

Raedi blog mengatakan...

yakin kalo Black Metal itu bukan satanisme? coba tuh dengerin lagunya sama cari tau tuh lirik Gorgoroth yang Procreating Satan. Sekarang udah tau kan kalo Black Metal itu sesungguhnya Satanisme? Bahkan Infernus (Gitaris Gorgoroth) mengaku kalo dia itu penganut Satanisme.

Copy from Wikipedia:
Roger Tiegs (born on June 18, 1972), better known by his stage name, Infernus, is a Norwegian black metal musician and SATANIST.

Sebagian lirik lagu Procreating S*tan:
Our master is coming
The one wants to return
Take place up high
Throne of god

Our masters return
Praise S*tan, Praise S*tan

Sekarang dah tau kan kalo BLACK METAL itu SATANISME?

Anonim mengatakan...

Yang bilang black metal satanis, coba nonton film until the light yake us dulu....

Anonim mengatakan...

A dream of another existence you wish to die a dream of another world you pray for death to release the soul. One must die to find peace inside, you must get eternal I am a mortal but am i human ?
How beautiful life is now when my time has come. A human destiny but nothing human inside. What'll be left of me when I'm dead, there was nothing when I lived. What you found was eternal death no one will ever miss you.

Read more: MAYHEM - LIFE ETERNAL LYRICS

Anonim mengatakan...

Persetan omongan kalian semua ! Kalian anggap metal itu sesat! Padahal masih ada banyak band metal luar negri yang orangnya baik baik dan ga suka menghina kaya congor kalian !

Unknown mengatakan...

kemunculan black metal bukan sekadar musik...ianya jugak idealogi dan dan pegangan..
secara basic nya...black metal hanya lagu2 berunsur gelap...lirik2 nya jugak bnyak yg menolak membuktian tuhan...bagi yg beragama(tidak kisah agama apa pun blackmetal itu adalah sesat) jangan sesekali masuk kedunia black metal kecuali mau mau mencari diri dan tuhanmu...
apa pun claim,hanya pure black metal sahaja yg mempunya jati diri diri yg utuh membawa tittle " blackmetal"...
terlalu bnyak band2 yg hanya mempromosi blackmetal tp hanya mencari populariti semata2...hati2 dgan perangkap iblis...kerana iblis berkawan rapat dgan nafsu manusia...yg mana manusia selalu kalah kepada nafsu...hanya iman dan taqwah yg tinggi mampu melawan nafsu...
ex fan blackmetal